SOAL BANGUN RUANG SISI TEGAK
postingan agak ga nyambung dengan tema blog..tp gpp lah..
berawal dengan keprihatinan uni dengan kenyataan bahwa di dunia internet yang konon maha luas ternyata sangat sulit menemukan soal-soal matematika berkualitas...
akhirnya saya ingin berkontribusi untuk mereka yang sedang mencari...
siapa tau someday, blog saya tercantum sebagai salah satu daftar pustaka di skripsi seseorang.
Sekaligus ini sebagai bukti kepedulian saya terhadap pendidikan [matematika khususnya]
jadi yaa....walaupun kuliah sering bolos, sekalipun datang pasti telat dan terkantuk-kantuk di barisan belakang
ini dia...chairani uni proudly present:
SOAL non-rutin BANGUN RUANG SISI TEGAK
1. Terdapat sebuah ruangan di dalam kantor yang dipakai oleh 40 karyawan setiap harinya. Ukuran ruangan tersebut adalah: panjang 7 m, lebar 6 m, dan tinggi 2 m.
Berdasarkan sebuah penelitian, orang dapat bekerja dengan nyaman di dalam sebuah ruangan jika ia mempunyai 4 m3 ruang bebas.
Apakah ruangan tersebut memenuhi syarat kenyamanan bekerja? Jelaskan alasannya.
indikator : siswa dapat memberikan alasan logis
2. Agni memiliki dua ember, masing-masing berkapasitas 7 liter dan 4 liter. Agni akan mengisi penuh sebuah peti yang berkapasitas 6 liter dengan beras, bagaimana cara agni mendapatkan tepat 6 liter beras dengan hanya menggunakan dua ember tersebut?
indikator : siswa dapat mengajukan konjektur
3. Terdapat kubus-kubus kecil yang mempunyai panjang rusuk a cm.
a. Apakah mungkin terbentuk sebuah kubus besar yang disusun dari 8 buah kubus kecil? Berikan alasannya.
Apakah mungkin terbentuk sebuah kubus besar yang disusun dari 15 buah kubus kecil? Berikan alasannya.
Apakah mungkin terbentuk sebuah kubus besar yang disusun dari 27 buah kubus kecil? Berikan alasannya.
b. Buatlah sebuah kesimpulan berdasarkan jawaban anda pada bagian a,b dan c.
indikator: siswa dapat membuat konjektur, mengemukakan alasan logis, membuat kesimpulan
4. Sebuah kubus dengan panjang rusuk 40 cm berisi air bagiannya. Lalu terdapat benda padat lain berbentuk piramida yang mempunyai tinggi 40 cm dan alasnya berbentuk persegi dengan panjang rusuk 36 cm. Saat piramida tersebut dimasukkan ke dalam kubus berisi air. Apakah air akan tumpah? Berikan alasannya.
indikator: siswa dapat mengemukakan alasan logis
5. Sebuah penampungan air berbentuk kubus dengan panjang rusuk 3 m. Penampungan air tersebut kosong, setiap pagi Pak Sandi mengisi air sebanyak 2 m3 dan setiap sore hari, diambil sebanyak 500 dm3. Penampungan air akan penuh pada sore hari yang ke-……..??
indikator: siswa dapat menentukan pola
6.Diketahui kertas berbentuk persegi panjang berukuran 6 cm x 10 cm. Apakah kertas tersebut cukup untuk menutupi sebuah balok yang berukuran panjang 4 cm, lebar 3 cm dan tinggi 2 cm? Berikan alasannya
7. Pak Tono mempunyai sebuah kayu padat berbentuk balok dengan ukuran 7 cm, 5 cm dan 3 cm. Balok kayu padat tersebut akan dipotong sehingga menghasilkan beberapa kubus. Pak Tono menginginkan 3 jenis kubus yaitu: kubus dengan panjang rusuk 1 cm, 2 cm dan 4 cm. Tuliskanlah berapa buah kubus untuk setiap jenisnya yang mungkin terbentuk?
(ket: balok kayu tidak bersisa)
8. Apakah mungkin terdapat sebuah kubus yang besar volumenya sama dengan besar luas permukaannya? Berikan alasannya.
9. 27 buah kubus satuan disusun menjadi kubus yang lebih besar. Kemudian seluruh permukaan kubus besar tersebut diberi cat merah. Coba perkirakan:
a. Berapa jumlah kubus yang tidak terkena cat sama sekali?
b. Berapa jumlah kubus yang terkena cat pada 1 sisinya saja?
c. Berapa jumlah kubus yang terkena cat pada 2 sisinya?
d. Berapa jumlah kubus yang terkena cat pada 3 sisinya?
yahh..begitulah..
karena sebagian besar saya yang bikin, jadi saya bisa bilang soal-soal diatas:
LEGEN..wait for it..DARY
semoga suatu saat berguna untuk siapapun..
kalau anda guru matematika..saya hanya ingin bilang:
semangat teruss walaupun ada saatnya dijauhi karena membuat bingung
kalau anda masih berstatus pelajar:
sumpah matematika itu tidak bingung...justru kalau yang mau lurus-lurus saja masuklah kedalam matematika
kalau anda bukan guru maupun pelajar:
...enjoy...
saya tidak memaksa anda membaca, apalagi mengerjakan
4 comments:
Maaf jeng, waktu pelajaran matematika pasti saya bolos....habis setiap pelajaran matematika saya suka disuruh keluar ma gurunya soalnya saya suka ngemil kwaci kalo didalem kelas....
pusing sekali nih baca kayak gini, serasa kembali ke masa lalu.. haha
wadoh Mtk saya jelek sekali hehehe
boleh minta penyelesaiannya bu.
Posting Komentar