Pages

pekerjaan: ngajar??

ini status terbaru saya (sudah 6 bulan ini sbenarnya) : saya pengajar matematika.
saya cinta matematika sudah tentu..
saya cinta mengajar...??? ini yang setiap hari selalu saya biarkan menggantung sebagai pertanyaan.

mungkin saya yg under estimated.pada nyadar ga sih klo ngajar itu status sosial (+'mungkin'ekonomi) cukup rendah dibandingkan dengan profesi lain..
saat dua bulan lalu saya mengantar teman ke rumah sakit, saya termenung..kenapa orang-orang yang bekerja disini dihadiahi kebanggaan yg cukup tinggi.
dan kenapa guru tidak...
yah mungkin memang saya yang under estimated.

balik lagi..pada everyday-question saya..kenapa saya menggantungnya hanya sebatas pertanyaan
kenapa saya tidak memberanikan diri saja mengangguk mantap dan memberi jawaban 'ya. saya cinta mengajar'
kenapa? karena saya pun bingung...
sebuah alasan klise pun muncul: jiwa saya belum disana.
lalu dimana lagi? entahlah..mungin sedang menuju kesana..jadi sebaiknya jangan diganggu
kalau jiwa saya memutar arah nanti saya yang kerepotan sendiri.

saya hanya berasumsi..inilah salah satu faktor kacaunya pendidikan indonesia
orang2 tak berjiwa mengajar dipaksa berdiri di muka kelas..menyampaikan materi seadanya..menjual buku selaku-lakunya..mengambil break ngajar sebanyak-banyaknya..memberi PR semaunya..

kemana mereka yang berjiwa dan berkompeten??entahlah..
pengalaman saya di kampus "pendidikan". dosen-dosen paling berkompeten itu kerjaannya keluar kota, seminar sana-sini, ditelepon untuk minta bimbingan saja sulit karena harus berebut jadwal dengan lokakarya di kota sana dan di kota sini.
padahal sungguh calon-calon guru anda ini hanya minta bimbingan.

betul atau tidak..entahlah?
hanya sebuah konjektur dari saya yang memberanikan diri menjudge for....."them"

lalu..apa nasib guru matematika di sekolah.. berusaha tetap mengabdi walaupun cibiran siswa selalu ada..berusaha menyampaikan materi walaupun siswa mereka selalu berusaha memalingkan diri..
ahh...saya pun bingung...
saya ulangi jiwa saya belum sampai sini..


inilah persiapan sebelum saya harus pergi ngajar lagi sore ini..

btemplates

4 comments:

KEMEM mengatakan...

jd guru?

menurut gw merupakan sebuah kebanggaan.

karena mrupakan pengabdian akan ilmu.

'sampaikanlah ilmu walau sedikit'

jgn dengar intervensi luar dr kesukaanmu mengajari org.

inget org2 besar jg atas dasar kerja keras guru, biasanya murid tuh acuh tak acuh. tp suatu saat nanti mereka akan ingat dan bangga akan jasa gurunya.

Senoaji mengatakan...

menurutku jangan kamu ngajar dulu urusanmu dengan kebimbanganmu itu selsaikan dulu, jgn menjadikan korban bertambah banyak, murid2mu. mantapkan dulu, data segala resikonya, catat segala kebaikkannya, siapkan langkah baru kamu mengajar lagi. bikin keputusan jelas, supaya semuanya juga jelas. karena kalo tidak kebimbangnmu bisa jadi faktor pembobrokkan edukasi. sayang sekali...sayang sekali... tetap semangat mengajarlah bagikan ilmumu, ajaklah mrk mencintai apa yg kamu beri, tetap semangat ok.

tabiek
senoaji

NB:maaf ya kalo ada yang rada2 esmosi gitu tapi bener gak ada kamsud apapunn...kikikikikikikikikk POKOKNYA TETAP SEMANGAT BU GURU!!! HIDUPP "CHAIRANI"!!!! [lebai mode: ON]

catatanseorang"chairani" mengatakan...

perjalanan jiwa saja menuju menjiwai mengajar itu perlu jalan.. kalau saya berhenti saya kehilangan jalan, dan tujuan nya pun akan lenyap.

semoga semua keraguan hanya krisis dalam hati saya pribadi..tidak menjadikan mereka(murid) sebagai korban
mudah-mudahan..

toh saya tetap berusaha..

Senoaji mengatakan...

kamu menemukan jawabanmu sendiri..

tabiek
senoaji